Gubernur Apresiasi Inovasi QR Code Bengkulu Ekspress

Gubernur Apresiasi  Inovasi QR Code Bengkulu Ekspress

Menunjang Kemajuan Bengkulu

BENGKULU, Bengkulu Ekspress-Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MMA memberikan apresiasi terhadap inovasi koran Bengkulu Ekspress (BE). Koran Bengkulu Ekspress dalam menyajikan berita kepada para pembaca, senantiasa juga didukung dengan teknologi QR code (barcode) yang diletakkan berdampingan dengan berita terkait. Sehingga akan muncul secara otomatis video yang di scanner melalui aplikasi android.

Produk baru itupun langsung dijajal oleh Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA. Secara detail gubernur mencoba aplikasi yang ada di ponselnya dan langsung di scanner QR code ke koran Bengkulu Ekspress. Hasilnya gubernur pun melihat secara detail video yang masuk dalam berita Bengkulu Ekspress koran. Menurut Rohidin, inovasi yang dilakukan ini merupakan langkah strategis untuk menunjang kemajuan Bengkulu.

\"Penyampaian media melalui media teknologi informasi itu adalah inovasi. Apalagi diinovasikan kembali melalui video visual yang dapat dilihat. Tentu inovasi ini sangat menunjang kemajuan Bengkulu,\" terang Rohidin kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (17/1).

Dikatakannya, bantuan video visual itu akan semakin mendukung langkah pembaca untuk menerima informasi secara utuh. Informasi yang diterima juga akan mudah dipahami oleh pembaca setia koran Bengkulu Ekspress. \"Menarik, sekaligus dapat mudah diingat oleh pembaca,\" tambahnya.

Tidak hanya itu, gubernur juga meminta, apa yang telah diproduksi sebagai bahan informasi itu tetap mengedepan kode etik jurnalistik. Agar hasil yang diberikan itu tidak menimbulkan dampak edukasi kurang baik kepada masyarakat Bengkulu. \"Jika beritanya bisa mempangaruhi sikap prilaku masyarakat, kususnya dunai anak-anak, ini sangat penting untuk mendepakan kode etik jurnalistik,\" ujar Rohidin.

Apalagi hasil produknya dalam bentuk video, maka harus bisa diperhatikan, terkait kekerasan, asusila dan tindakan kriminalitas lainnya. Jika tidak disortir dengan baik, maka akan semangat mempengaruhi pola fikir masyarakat. \"Kalau ditonton masyarakat umum, dengan kelas usia tertentu bisa berdampak negatif,\" ungkapnya.

Namun demikian, Rohidin menegaskan, inovasi yang telah dibuat saat ini sudah membuat nyaman pembaca. Harapannya tentu, kedepan, upaya itu bisa lebih baik, sebagai media informasi, edukasi dan dan promosi.  \"Prinsip, bagus sekali. Orang lebih nyaman dan akan bisa lebih baik. Selamat untuk Bengkulu Ekspress,\" ujar Rohidin.

Seperti diketahui, pembaca dapat menggunakan aplikasi scaner dengan cara mendownload secara gratis aplikasi barcode di app store, sedangkan pengguna android juga dapat mendownload di play store secara gratis. Setelah aplikasi barcodenya didownload dan diinstal, lalu untuk membaca barcode yang terdapat di koran.

Maka aplikasi tersebut dibuka, lalu muncul layar kamera, kemudian arahkan kamera ke posisi yang ada gambar barcodenya. Untuk dapat memanfaatkan teknologi QR code, ponsel wajib memiliki akses internet. Isi dari situs jaringan tersebut dapat berupa berita lebih lengkap, grafis, foto-foto tambahan bahkan videonya.

Pemakaian QR code juga dapat untuk memberikan konten multimedia sebuah iklan. Pengiklan dapat memanfaatkannya untuk memperluas product knowledge pelanggan yaitu dengan penjelasan tekstual atau penayangan video interaktif. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: